Senin, 19 Maret 2012

Batik Madura | Perbedaan Katun Primis, Prima, Santyu, Samforis dan Sada'

Mungkin kita sering mendengarkan kata "kain katun", wah ternyata kain katun itu banyak jenisnya lho.... Di artikel kali ini saya mau bercerita tentang perbedaan kain katun yang seribng dipake mambatik ada primis, santyu, sada' dan samforis. 


Kain katun/mori yang dipake untuk bahan batik di Pamekasan disebutnya Labun, nah yang sering dipake tuh kain primis, santyu, prima, sada' dan kadang samforis.


Apa sih bedanya??


Katun Primis 
Serat benangnya lebih rapat, kainnya lebih tebal dan halus. Diantara yang lain kain ini paling baik kualitasnya. Katun primis sendiri ada beberapa tingkatan kualitasnya ada primis cap Cent yang kualitas biasa dan banyak digunakan karena harganya paling terjangkau. Ada Primis Cap Bendera yang ini kelasa menengah baik kualitas dan harganya sedangkan yang paling bagus Primis cap Kereta Kencana kainnya halussss banget. Untuk orang awam untuk membedakannya dengan jenis katun lain adalah lebar kain katun primis yang hanya 100cm-103cm pas, lebar kain ini bawaan dari pabrik jadi gak bisa dimanipulasi ;) 
Katun primis biasanya digunakan untuk membatik motif-motif klasik seperti contoh dibawah ini :

Motif isian motif cincin otter dengan motif burung

Motif isian motif cengkeh dengan motif utama kupu-kupu (gapper) 

Katun Santyu
Katun santyu memiliki kualitas sedang/menengah dan karena harganya yang lebih terjangkau bayank batik yang dibuat dengan kain santyu. Kain katun santyu ada 2 yaitu katun santyu super B dan suoer A. Santyu super A lebih baik kualitasnya daripada super B. Lebar katun santyu juga khas yaitu 110-115cm tergantung merk dan proses ketelannya.

Motif kupu-kupu

Katun Samforis
Katun samforis masih sedikit digunakan dalam batik karena harga yang lumayan mahal. Kainnya tebal dan halus, sangat cocok untuk bahan baju model jas dan celana. 

Motif Vseries/matahari

Katun Prima
Katun prima lebar juga hanya 100cm bedanya kainnya lebih kasar dari primis tetapi masih adem dan bagus untuk harga yang sangat terjangkau. Katun Prima biasanya digunakan untuk motif2 pekandangan dan TanjungBumi. 


Motif Pekandangan


Katun Sada'
Kualitasnya paling bawah, bahannya kasar, tipis dan kalo dibuat baju terasa panas dan sedikit gatal (pendapat pribadi lhoo hehe).


Penting untuk diingat bahwa warna yang muncul pada setiap bahan sering tidak sama bahkan sama sekali berbeda meskipun sudah menggunakan bahan pewarna yang sama. Membuat batik itu gak semudah yang dibayangkan, butuh pengalaman dan proses yang panjang untuk menjadi selembar kain batik cantik yang siap dipajang di toko. Batik itu mengajarkan saya dan anda sebuah arti kesabaran ;)

So...lestarikan batik dan hargai pengrajin ya !!


4 komentar: